Anggaran Biaya Kontraktor Bangun Rumah

27 Mei 2014

Anggaran Biaya Pembangunan Rumah

Mempunyai rumah merupakan impan bagi semua orang. Apalagi bagi mereka yang ngin hidup berkel uarga lepas dan orang tua. Namun, harga bahan bangunan yang tinggi akibat kenaikan bahan bakar minyak, sangat nyata dampaknya pada sektor perumahan. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu kiranya diketahui cara menghitung biaya membangun rumah agar tidak terjad cost yang terlalu tinggi. Penyebabnya, tidak sedikit tukang atau pemborong mengambil kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang sebanyak-banyaknya dengan “menggelembungkan” (mark up) biaya membangun rumah.

Menghitung RAB terbilang rumit karena banyak poin dan banyak item pekerjaan yang harus dihitung yang masing-masing item terkadang saling terkait. Jika pengerjaannya ditulis atau diketik satu-per satu maka diperlukan waktu yang lama. Buku-buku yang membahas tentang RAB sudah banyak di pasaran, tetapi hanya perhitungan manual. Apakah dengan menghitung manual dapat efisien dan mudah dipahami, terlebih lagi bagi orang awam?

Kondisi Indonesia yang terdri dari pulau-pulau menyebabkan harga banguna mempunyai perbedaan yang signifikan. Membangun rumah di Bandung tentu beda biayanya dengan membangun rumah di Semarang, apalagi di Medan, bahkan di Papua.

Di atas adalah sekelumit permasalahan dalam membangun rumah sehingga terkadang banyak orang memutuskan mengambil rumah di pengembang yang kualitasnya belum tentu sesuai dengan harganya . Berbeaa dengan orang kaya yang memiliki dana lebih untuk menggunakan jasa arsitek dalam menghitung RAB atau rencana anggaran biaya. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena sering terjadi kasus rembesan dinding rumah yang tak kunjung selesai . Artinya tembok yang rembes dibongkar, kemudan diplester, tetapi tetap terjadi rembesan lagi . Padahal tidak ada pipa di situ. Setelah diusut, dipelajari, dan diwawancara ke pemilik rumah ternyata ada pekerjaan yang terhenti karena libur lebaran dan dilanjutkan setelah lebaran. Pekerjaan tersebut adalah pengecoran sloof yang tidak tuntas. Pasangan bata yan tidak trasroom menimbulkan naiknya kapiler air dar tanah ke atas (tembok).

Kejadian kontradiktif terjadi ketika seseorang mempunyai tanah dan menabung bertahun-tahun baru terkumpul sepuluh juta. Jika melihat harga satuan per m2 di kota A adalah 1,5 juta. Sehingga jika ingin membangun ruma tipe 50 harus disiapkan dan Rp 75.000.000,00. Apakah sisa dan kekurangan dana tesebut harus ditabung hingga terkumpul atau dipinjam di bank?

Kedua kasus tersebut berbeda karena belum ada panduan real kasus di masyarakat . Buku ini diharapkan sebagai jawaban atas kasus-kasus tersebut dan merupakan solusi awal dalam menghitung kebutuhan real material, bukan hanya sekadar RAB atau biaya rumah secara global dan dihitung dalam jangka waktu yang lama .

Seputar Anggaran Biaya

Menghitung anggaran biaya pada intinya dengan dua cara, yaitu menghitun luas bangunan dikalikan dengan harga satuan dan menghitung volume dikali denga harga satuan pekerjaan yang didapat dan analis pekerjaan. Harga satuan pekerjaan awalnya dikeluarkan oleh Departemen Pekerjaan Umum . Walaupun dikeluarkan secara nasional, tetapi masing-masing daerah memilikinya. Namun, sekarang harga satuan pekerjaan tersebut dikeluarkan oleh masing-masing Pemerintah Daerah atau terdapat juga di dalam buku jurnal yang dikeluarkan setahun dua kali.

Ilmu dasar menghitung anggaran biaya adalah ilmu matematika menggunakan rumus-rumus dasar luas atau volume dan kecermatan menggambar atau kemampuan menganalisis konsep jika tidak ada gambarnya lebih mudah jika konsep itu dibuat sketsa gambar, lalu diberi ukuran. Bidang-bidang telah ada ukurannya akan memudahkan penghitungan luas penampang atau volume pekerjaan. Cara menghitung volume setiap jenis pekerjaan akan diuraikan pada masing-masing pekerjaan.

Setelah ditentukan material apa yang digunakan untuk jenis pekerjaan dan didapat harga satuan dan memasukkan komponen biaya ke analisis pekerja langkah berikut adalah memasukkan semua item tadi ke tabel atau daft mendapatkan jumlah total pekerjaan yang disebut dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) atau Rencana Anggaran Pelaksanaan. Pada bab berikutnya akan dibahas khusus penghitungan volume penkerjaan.

Ada lima hal pokok yang perlu diperhatikan dalam menghitung biaya antara lain sebagal berikut :

1) Menghitung material atau bahan, yaitu berkaitan dengan penghitungan banyaknya material yang dipakai termasuk harganya.

2) Menghitung biaya pekerja, yaitu berkaitan dengan lamanya bekerja para pekerja dalam menyelesaikan suatu jenis pekerjaan dalam satuan waktu dan biaya yang digunakan .

3) Menghitung peralatan, yaitu menghitung jenis, banyaknya, Iamanya pemakaian peralatan, dan biayanya.

4) Menghitung overhead, yaitu menghitung biaya-biaya tidak terduga yang perlu diantisipasi, baik berkaitan dengan cuaca atau masalah moneter.

5) Menghitung besarnya pajak (tax). Walau besarnya telah ditentukan dengan peraturan, tetapi ada celah untuk restitusi pajak sehingga bisa untuk pertimbangan mengurangi biaya total penawaran apabila melakukan tender atau pelelangan.

Dan jika anda tidak ingin repot menyiapkan dan menghitung RAB sendiri , maka percayakan lah pembangunan hunian ideal anda pada Kontraktor Bangunan yang sudah pasti lebih paham dan berkualitas .



Baca juga
  »
27 Mei 2014
Menghitung Volume Bangun Rumah
Menghitung Volume Bangun Rumah

  »
5 Februari 2014
kontraktor bangunan murah dan profesional
kontraktor bangunan murah dan profesional

  »
3 Februari 2014
Cari Tahu Tarif Tukang Bangunan di Bandung
Cari Tahu Tarif Tukang Bangunan di Bandung

  »
31 Januari 2014
JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR BANGUNAN
JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR BANGUNAN

  »
28 Januari 2014
jasa renovasi rumah di Bandung
jasa renovasi rumah di Bandung