Menghitung Volume Bangun Rumah

27 Mei 2014

Menghitung Volume Bangun Rumah

Menghitung volume pekerjaan saat membangun rumah atau bangunan lainnya,harus ada sarana dasar, yaitu gambar. Sebenarnya dan gambar denah, tampak, dan potongan dapat dihitung volume dan biaya total pembangunannya yang diwujudkan dalam rencana anggaran biaya (RAB). Dengan luas bangunan dikalikan harga satuan per meter persegi sudah diperoleh nilai global kebutuhan dana untuk membangun. Harga satuan per meter persegi untuk pembangunan di masing-masing daerah berbeda tergantung kondisi wilayah serta kekayaan hasil alam yang menyangkut material dasar. Biasanya, harga standar tersebut dikeluarkan oeh pemenintah daerah (pemda) melalul kantor dinas teknisnya.

Telah disebutkan bahwa dalam menghitung volume minimal diperlukan gambar denah, tampak, dan potongan. Untuk itu, sebaiknya perlu disimak gambar-gambar pada bab dua agar mudah melakukan penghitungan volume. Dan gambar denah, tampak, dan potongan, dapat dihitung volume dan pekerjaan pembangunannya: Berikut beberapa perhitungan volume dan pekerjaan pembangunan tersebut.

Ada beberapa cara untuk menghitung volume setiap jenis pekerjaan. Cara penghitungan tersebut antara lain sebaga berkut.

1) Penghitungan volume pekerjaan yang mempunyai luas dan ketebalan atau mempunyai penampang dan panjang menggunakan satuan m3, contohnya pasangan batu kali, pasangan batu-bata (bisa juga m2), kuda-kuda, dan kusen.

2) Penghitungan volume pekerjaan yang hanya mempunyal luas dan ketebalan yang relatif tipis menggunakan satuan m, contohnya plesteran, pasangan lantai, pasangan plafon, pasangan atap, dan pengecatan.

3) Penghitungan volume pekerjaan yang sifatnya dominan memanjang menggunakan satuan m1 atau meter lan, contohnya lisplang, lisplafon, instalasi pipa atau kabel, dan nok genteng.

4) Penghitungan volume bahan—bahan satuan menggunakan satuan ukuran buab (bh), contohnya lampu, sakiar, stop kontak, kunci, engse, kioset, wastafel, dan kran air.

5) Penghitungan volume bahan satuan yang terdiri dan beberapa komponen bahan yang dirakft menjadi satu menggunakan satuan unit, contohnya panel lisrik dan meja dapur cud.

Survei Lokasi Sebelum Menyiapkan Material

Pengenalan lokasi pekerjaan semakin detail akan semakin membantu dan berperan sangat besar dalam menghitung biaya.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi biaya, baik itu menjadi mahal atau sebaliknya. Beberapa hal yang diperlukan dalam survei antara lain sebagai berikut.

1) Lokasi bangunan apakah di pinggir jalan, masuk gang, di dalam komplek, atau lain nya.

2) Jarak lokasi bangunan dengan jalan raya. Apabila masuk gang dan jauh akan semakin meningkatkan cost karena waktu tempuh yang diperlukan pekerja dalam mengangkat material akan semakin lama.

3) Material alam apakah ada atau perlu mendatangkan dan luar daerah, bahkan ada yang sampai ke luar pulau.

4) Material pabrikan apakah tersedia di toko material sekitar lokasi atau mendatangkan dari tempat lain.

5) Kondisi tanah apakah daya dukungnya bagus atau lembek.

6) Kontur tanah apakah rata, ber-trap, atau bahkan miring.

7) Kondisi cuaca harus die-atkar karena akan berpengaruh pada jam efektif bekerja. Potensi petir yang terjadi juga akan berpengaruh terhadap penangkal petir maupun pentanahan.

8) Sarana bantu kerja seperti ar air apakah banyak di lokasi kerja, demikian juga keberadaan energi listrik , bahan bakar , dan lain – lain .

9) Kondisi sosial masyarakat setempat menyangkut jumlah hari libur dan jam istirahat .

10) Kondisi alam sekitarnya , misalnya apakah masih ada binatang buas, binatang melata, atau hama perusak seperti rayap , jamur dan cacing.

11) Apakah ada kegiatan tradisional yang masih dilakukan masyarakat sekitar , termasuk pantangan menggunakan bahan bangunan tertentu misalkan penggunaan atap genteng tanah yang dihindari .

12) Permasalahan aturan perundangan atau peraturan daerah yang harus diikuti misalnya jarak GSB , GSS , GSJ , atau bahkan kondisi bentuk bangunan , bentuk atap , material pelapis dindign , resapan , septictank , dan lain – lain . Dari daftar permasalahan diatas , diperlukan solusi , antisipasi , atau bahkan penanggulangan , baik sesaat maupun jangka panjang .

Untuk itu percayakan pembangunan rumah anda pada Kontraktor Bangunan yang sudah berpengalaman .



Baca juga
  »
27 Mei 2014
Anggaran Biaya Kontraktor Bangun Rumah
Anggaran Biaya Pembangunan Rumah Mempunyai rumah merupakan impan bagi semua orang. Apalagi bagi mereka yang ngin hidup berkeluarga lepas dan orang tua.

  »
5 Februari 2014
kontraktor bangunan murah dan profesional
kontraktor bangunan murah dan profesional

  »
3 Februari 2014
Cari Tahu Tarif Tukang Bangunan di Bandung
Cari Tahu Tarif Tukang Bangunan di Bandung

  »
31 Januari 2014
JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR BANGUNAN
JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR BANGUNAN

  »
28 Januari 2014
jasa renovasi rumah di Bandung
jasa renovasi rumah di Bandung